Bentuk Kegiatan
Studi Buku “Guru Goblok Ketemu Murid Goblok”
Tema
Inovasi Menuju Pendidik Ideal
Latar Belakang
Sudahkah para pendidik atau guru membuat target keberhasilan bagi murid-muridnya secara matematis ? Bisakah seorang guru memberikan jaminan kepada orang tua/wali murid bahwa siswa yang didiknya akan mengalami peningkatan kualitas yang signifikan --- dengan tanpa disertai perilaku anarkhis sebagaimana yang akhir-akhir ini mewarnai berita-berita surat kabar ?
Dapat dikatakan bahwa kemauan murid untuk menjadi individu yang sukses, tergantung dari bagaimana sang guru tersebut dalam memperlakukan dirinya. Ingat pepatah “guru kencing berdiri, murid kencing berlari”. Ironisnya, harapan tersebut tidak dapat dicapai secara optimal. Hal yang paling sederhana, tidak sedikit murid kelas 4 SD yang belum bisa membaca secara lancar. Lebih ironis lagi, tidak sedikit pula pelajar SMA atau bahkan mahasiswa yang belum mampu merancang cita-cita atau keinginannya untuk menyambut masa depan.
Semua tidak semata-mata terkait dengan sistem atau metode pendidikan yang diterapkan. Tetapi ada yang secara kasat mata tidak terlihat, namun membawa pengaruh yang sangat signifikan. Yaitu aspek psikologi guru dan murid itu sendiri dalam memandang relasionalnya antara guru dan murid. Tidak sedikit ditemukan guru yang sok tahu, padahal sesungguhnya tidak tahu. Juga murid yang merasa sudah mengerti diantara ilmunya yang pas-pasan.
Persoalannya, proses pembelajaran untuk menjadi orang yang ahli dalam bidangnya jauh lebih panjang dan rumit daripada pembelajaran untuk hanya sekedar tahu secara teori. Berangkat dari problem itulah, studi buku ini digelar dalam rangka untuk menumbuhkan semangat inovasi guru dan juga murid agar tidak merasa sudah dipuncak --- padahal masih sedang terpekur di dasar.
Tujuan Kegiatan
1. Menemukan proses pendidikan dan pembelajaran tepat bagi siswa.
2. Tumbuhnya motivasi bagi guru untuk terus belajar (teori dan praktek) dan terus merasa kurang sehingga tidak berhenti untuk terus belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar